Pendidikan pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila dirancang dalam dua dimensi utama, yakni dimensi teoritis dan dimensi praktis. Pada dimensi teoritis, mahasiswa dibekali dengan pemahaman konseptual yang meliputi sejarah perkembangan pemikiran Pancasila, hakikat sila-sila Pancasila beserta tata hubungan antar-sila, Pancasila sebagai pandangan hidup, ideologi, dan dasar negara, Pancasila sebagai sistem filsafat dan etika, serta Pancasila sebagai dasar dan orientasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Seluruh materi tersebut akan diberikan secara sistematis pada pertemuan pertama hingga ketujuh. Selanjutnya, pada dimensi praktis yang dimulai dari pertemuan kesembilan hingga kesepuluh, mahasiswa diarahkan untuk melakukan studi lapangan dengan mengamati perilaku pelaku UMKM maupun masyarakat sekitar, guna mengidentifikasi serta menganalisis perilaku yang sesuai maupun yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pada pertemuan kesebelas hingga kelima belas, mahasiswa akan mendapatkan ruang untuk mengeksplorasi dan mengaplikasikan dimensi teoritis ke dalam praktik nyata dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan sektarianisme, sekularisme, perilaku konsumtif, koruptif, dan indisipliner. Melalui integrasi antara dimensi teoritis dan praktis tersebut, mahasiswa diharapkan mampu memahami kebenaran secara komprehensif serta menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam sikap dan perilaku mereka.

Kontrak Kuliah Pendidikan Pancasila Prodi Ekonomi Pembangunan

Peta konsep dan peta kerja mahasiswa

Rencana dan rubric penilaian tugas

Panduan teknis kerja mahasiswa

Buku ajar pendidikan Pancasila (DIKTI 2016)

Arsip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *