Lesson/ Leçon 19 : how about you ? what are your favorite hobbies ?/ et toi ? quels sont tes passe-temps préférés ?

Lesson/ Leçon 19 : how about you ? what are your favorite hobbies ?/ et toi ? quels sont tes passe-temps préférés ?

Tell me ! do you like swimming?
Dis-moi ! est-ce que tu aimes faire de la natation ?

No, I can’t swim.
Non, je ne sais pas nager.

What do you like then?
Qu’est-ce que tu aimes alors ?

I like to sing. Do you like singing ?
J’aime chanter. Est-ce que tu aimes chanter ?

No, I don’t have a good voice. I also don’t like a music.
Non, je n’ai pas de belle voix. Je n’aime pas aussi la musique.

You can relax listening to the music then.
Tu peux te relaxer en écoutant la musique alors.

No way. I can relax by doing sports. Do you sing in your free time ?
Pas du tout. Je peux me relaxer en faisant du sport. Est-ce que tu chantes pendant tes loisirs ?

Of course. I also spend my free time watching TV, reading a comic. How about you ? what are your favorite hobbies ?
Bien sûr. Je passe aussi mes loisirs en regardant la télévision, lisant une bande dessinée. Et toi ? quels sont tes passe-temps préférés ?

I like jogging, swimming, and playing chess.
J’aime faire du jogging, nager, et jouer aux échecs.

Hai sahabat lingua, berlanjut pembahasan kita kali ini dengan mengungkap percakapan sehari-hari bahasa Inggris dan Prancis. Tema kali ini adalah how about you ? what are your favorite hobbies ? dalam bahasa Inggris dan et toi ? quels sont tes passe-temps préférés ? dalam bahasa Prancis. Arti kedua kalimat tanya ini adalah, apa hobi favoritmu ? nah, tidak asing lagi kan pertanyaan ini. Seputar hobi, berarti berbicara tentang kesukaan dan ketidaksukaan akan sesuatu tindakan guys. Langsung saja kita ke TKP. Kalimat pertama Tell me ! do you like swimming? Dan Dis-moi ! est-ce que tu aimes faire de la natation ? percakapan kita diawali dengan pertanyaan, ngomong-ngomong, apakah kamu suka berenang ? kemudian dijawab dengan No, I can’t swim dan Non, je ne sai pas nager, yang berarti, tidak, aku tidak bisa berenang. Kemudian kalimat selanjutnya adalah What do you like then? dan Qu’est-ce que tu aimes alors ? yang dapat diartikan dengan lantas, apa yang kamu suka ? kalimat ini kemudian dijawab dengan I like to sing. Do you like singing ? dan J’aime chanter. Est-ce que tu aimes chanter ? aku suka bernyanyi. Apakah kamu suka bernyanyi ? kemudian selanjutnya No, I don’t have a good voice. I also don’t like a music dan Non, je n’ai pas de belle voix. Je n’aime pas aussi la musique. Yang artinya, tidak, aku tidak memiliki suara yang bagus. Aku juga tidak menyukai music. Nah, dari beberapa percakapan itu, sudah mencerminkan kesukaan dan ketidaksukaan ya guys. Kemudian kalimat You can relax listening to the music then dan Tu peux te relaxer en écoutant la musique alors. Yang berarti padahal, kamu bisa rileks dengan mendengarkan musik. Yang kemudian dijawab dengan No way. I can relax by doing sports. Do you sing in your free time ? dan Pas du tout. Je peux me relaxer en faisant du sport. Est-ce que tu chantes pendant tes loisirs ? kalimat ini dapat diterjemahkan dengan tidak sama sekali. Aku bisa rileks dengan melakukan olah raga. Apakah kamu bernyanyi saat waktu luang? Yang lebih lanjut dijawab dengan Of course. I also spend my free time watching TV, reading a comic. How about you ? what are your favorite hobbies ? dan Bien sûr. Je passe aussi mes loisirs en regardant la télévision, lisant une bande dessinée. Et toi ? quels sont tes passe-temps préférés ? yang artinya, tentu saja. Aku juga menghabiskan waktu luangku dengan menonton TV dan membaca komik. Bagaimana denganmu? Apa hobi favoritmu? Kalimat Tanya ini dijawab dengan I like jogging, swimming, and playing chess dan J’aime faire du jogging, nager, et jouer aux échecs. Kalimat ini berarti aku suka jogging, berenang dan bermain catur. Nah, itu kira-kira percakapan sehari-hari yang kita bahas hari ini guys. Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa.

Lingua's Admin

Bima Kurniawan lahir di Madiun, 18 Desember 1986. Ia adalah seorang pendidik tuna netra. Ia mulai mengeluti pekerjaannya sebagai seorang pendidik Bahasa Prancis sejak Januari 2011 2 Tahun setelah lulus dari Universitas Negeri Jakarta Prodi Pendidikan Bahasa Prancis. Pada tahun itu, ia bergabung menjadi keluarga besar SMA Negeri 68 Jakarta, salah satu sekolah terbaik di Jakarta dan di Indonesia. Karirnya semakin membaik setelah pada tahun 2011, 2012 dan 2013 diberikan kepercayaan untuk mengisi materi pada pelatihan guru bahasa Prancis yang diselenggarakan oleh Persatuan Pengajar Bahasa Prancis Indonesia (PPSI) dan dipercaya pula oleh Pusat Perbukuan BALITBANG Kemdikbud sebagai penelaah buku ajar kurikulum 2013 pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Pada tahun 2012, Bima melanjutkan studi S2 intuk program studi Linguistik Terapan di Universitas Negeri Jakarta dengan focus keahlian kritik penerjemahan. Pada tahun 2014, Bima lulus dengan predikat cum laude dan dinobatkan sebagai lulusan terbaik prodi Linguistik Terapan UNJ angkatan 2012. Pada Tahun 2021, Bima menginisiasi sebuah komunitas Guru Tunanetra Inklusif dan merupakan salah seorang pendiri aktif Ikatan Guru Tunantra Inklusif (IGTI), organisasi profesi guru dengan hambatan penglihatan yang mengabdi di satuan pendidikan umum atau penyelenggaran pendidikan inklusif. Pada tahun, 2022, setelah perangkat organisasi terbentuk, Bima ditetapkan oleh musyawarah perwakilan sebagai ketua dewan kehormatan IGTI. pada tahun yang sama Bima diangkat menjadi dosen linguistik terapan di Universitas Trunojoyo Madura.

Recent Posts

Pendidikan pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila dirancang dalam dua dimensi utama, yakni dimensi teoritis dan dimensi praktis.…

4 minggu ago

Indonesian E-Learning Platform

Mata kuliah bahasa Indonesia menawarkan cara berpikir ilmiah melalui bahasa yang sesuai dengan kaidah baku.…

7 bulan ago

Kepemimpinan inklusif dalam mewujudkan Keberlanjutan kesetaraan dan keadilan: Perspektif Sosial dan hak asasi manusia

Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trnojoyo Madura Dalam periode waktu 40 tahun terakhir, berbagai kajian model…

10 bulan ago

Pendidikan inklusif dalam perspektif Islam

Oleh Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trunojoyo Madura Pendidikan adalah salah satu upaya memanusiakan manusia. Upaya…

1 tahun ago

Seminar kebangsaan Harmoni dala Keberagaman, Lestari dalam Kebhinekaan : Sebuah perspektif pentingnya pendidikan inklusif dalam menggapai Tujuan pembangunan Berkelanjutan

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023, dengan bangga, Komunitas Penggiat Pendidikan Inklusif (KOPPI)…

2 tahun ago

Bhineka untuk kita, dengan kita dan oleh kita

Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trunojoyo Madura Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Guru Tunanetra Inklusif (IGTI) Pada…

2 tahun ago