Lingua’s irregular verbs dictionary : part “C” and “D”

Lingua’s irregular verbs dictionary : part “C” and “D”

catch : intercept and hold something which has been thrown, propelled, or dropped. Artinya, mencegat dan menahan sesuatu yang telah dilempar, didorong, atau dijatuhkan. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) catch.
* (V2) caught.
* (V3) caught.

choose : pick out or select someone or something as being the best or most appropriate of two or more alternatives. Artinya, memilih seseorang atau sesuatu sebagai yang terbaik atau paling tepat dari dua atau lebih alternatif pilihan. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) choose.
* (V2) chose.
* (V3) chosen.

come : move or travel toward or into a place thought of as near or familiar to the speaker. Artinya, bergerak atau melakukan perjalanan menuju atau ke tempat yang dianggap dekat atau akrab bagi pembicara. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) come.
* (V2) came.
* (V3) come.

cost : of an object or action require the payment of a specified sum of money before it can be acquired or done. Artinya, suatu objek atau tindakan memerlukan pembayaran sejumlah uang tertentu sebelum dapat dimiliki atau dilakukan. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) cost.
* (V2) cost.
* (V3) cost.

cut : make an opening, incision, or wound in something with a sharp-edged tool or object. Artinya, membuat lubang, sayatan, atau luka pada sesuatu dengan alat atau benda tajam. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) cut.
* (V2) cut.
* (V3) cut.

dig : break up and move earth with a tool or machine, or with hands. Artinya, memecah dan memindahkan tanah dengan alat atau mesin, atau dengan tangan. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) dig.
* (V2) dug.
* (V3) dug.

dive : plunge head first into water. Artinya, terjunke air dengan kepala terlebih dahulu. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) dive.
* (V2) dove.
* (V3) dived.

do : perform an action, the precise nature of which is often unspecified. Artinya, melakukan suatu tindakan, sifat persisnya seringkali tidak ditentukan. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) do.
* (V2) did.
* (V3) done.

draw : produce a picture or diagram by making lines and marks, especially with a pen or pencil, on paper. Artinya, menghasilkan gambar atau diagram dengan membuat garis dan tanda, terutama dengan pena atau pensil, di atas kertas. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) draw.
* (V2) drew.
* (V3) drawn.

dream : a series of thoughts, images, and sensations occurring in a person’s mind during sleep. Artinya, serangkaian pikiran, gambar, dan sensasi yang terjadi dalam pikiran seseorang selama tidur. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) dream.
* (V2) dreamt.
* (V3) dreamt.

drive : operate and control the direction and speed of a motor vehicle. Artinya, mengoperasikan dan mengontrol arah dan kecepatan kendaraan bermotor. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) drive.
* (V2) drove.
* (V3) driven.

drink : take a liquid into the mouth and swallow. Artinya, memasukkan cairan ke dalam mulut dan menelannya. Bentuk kata kerjanya adalah :
* (V1) drink.
* (V2) drank.
* (V3) drunk.

Lingua's Admin

Bima Kurniawan lahir di Madiun, 18 Desember 1986. Ia adalah seorang pendidik tuna netra. Ia mulai mengeluti pekerjaannya sebagai seorang pendidik Bahasa Prancis sejak Januari 2011 2 Tahun setelah lulus dari Universitas Negeri Jakarta Prodi Pendidikan Bahasa Prancis. Pada tahun itu, ia bergabung menjadi keluarga besar SMA Negeri 68 Jakarta, salah satu sekolah terbaik di Jakarta dan di Indonesia. Karirnya semakin membaik setelah pada tahun 2011, 2012 dan 2013 diberikan kepercayaan untuk mengisi materi pada pelatihan guru bahasa Prancis yang diselenggarakan oleh Persatuan Pengajar Bahasa Prancis Indonesia (PPSI) dan dipercaya pula oleh Pusat Perbukuan BALITBANG Kemdikbud sebagai penelaah buku ajar kurikulum 2013 pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Pada tahun 2012, Bima melanjutkan studi S2 intuk program studi Linguistik Terapan di Universitas Negeri Jakarta dengan focus keahlian kritik penerjemahan. Pada tahun 2014, Bima lulus dengan predikat cum laude dan dinobatkan sebagai lulusan terbaik prodi Linguistik Terapan UNJ angkatan 2012. Pada Tahun 2021, Bima menginisiasi sebuah komunitas Guru Tunanetra Inklusif dan merupakan salah seorang pendiri aktif Ikatan Guru Tunantra Inklusif (IGTI), organisasi profesi guru dengan hambatan penglihatan yang mengabdi di satuan pendidikan umum atau penyelenggaran pendidikan inklusif. Pada tahun, 2022, setelah perangkat organisasi terbentuk, Bima ditetapkan oleh musyawarah perwakilan sebagai ketua dewan kehormatan IGTI. pada tahun yang sama Bima diangkat menjadi dosen linguistik terapan di Universitas Trunojoyo Madura.

Recent Posts

Pendidikan pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila dirancang dalam dua dimensi utama, yakni dimensi teoritis dan dimensi praktis.…

4 minggu ago

Indonesian E-Learning Platform

Mata kuliah bahasa Indonesia menawarkan cara berpikir ilmiah melalui bahasa yang sesuai dengan kaidah baku.…

7 bulan ago

Kepemimpinan inklusif dalam mewujudkan Keberlanjutan kesetaraan dan keadilan: Perspektif Sosial dan hak asasi manusia

Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trnojoyo Madura Dalam periode waktu 40 tahun terakhir, berbagai kajian model…

10 bulan ago

Pendidikan inklusif dalam perspektif Islam

Oleh Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trunojoyo Madura Pendidikan adalah salah satu upaya memanusiakan manusia. Upaya…

1 tahun ago

Seminar kebangsaan Harmoni dala Keberagaman, Lestari dalam Kebhinekaan : Sebuah perspektif pentingnya pendidikan inklusif dalam menggapai Tujuan pembangunan Berkelanjutan

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023, dengan bangga, Komunitas Penggiat Pendidikan Inklusif (KOPPI)…

2 tahun ago

Bhineka untuk kita, dengan kita dan oleh kita

Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trunojoyo Madura Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Guru Tunanetra Inklusif (IGTI) Pada…

2 tahun ago