Lesson/ Leçon 4 : Where is my pen? / Où est mon stylo ?


Lesson/ Leçon 4 : Where is my pen? / Où est mon stylo ?

Where is my pen?
Où est mon stylo ?
I don’t know. It isn’t in your backpack?
Je ne sais pas. Ce n’est pas dans ton sac à dos ?
I don’t think so. Look ! is that my pen?
Je ne crois pas, Regarde ! voilà, c’est mon stylo ?
Where is it ? I’m not looking it.
Ou est-il ? je ne regarde pas.
It’s next to my book, on the table.
Il est à côté de mon livre, sur la table.
Yes I know. What is this, the right of your book?
Oui, je sais. Qu’est-ce que c’est, à droite de ton livre ?
It’s my pencil and my eraser.
Ce sont mon crayon et ma gomme.

Hai, salam untuk para sahabat linguanetra. Hari ini, lingua berbagi pengalaman dalam mempelajari bahasa Inggris dan Prancis dalam dialog sederhana. Kali ini temanya adalah Where is my pen? Dalam bahasa Inggris dan Où est mon stylo ? dalam bahasa Prancis. Kalimat ini, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kira-kira dimana balpoinku, ya ? gitu guys. Langsung dijawab sama kawannya I don’t know. It isn’t in your backpack? Dan Je ne sais pas. Ce n’est pas dans ton sac à dos ? kira-kira artinya adalah aku tidak tahu. Bukanya di dalam tas gendongmu, ya ? kejadian atau latar dari percakapan ini di kelas ya guys, sebelum masuk ke percakapan saja sudah dibersamai oleh bel sekolahan. Lanjut kalimat I don’t think so. Look ! is that my pen? Dan Je ne crois pas, Regarde ! voilà, c’est mon stylo ? artinya aku kira tidak. Lihat ! itu balpoinku, kan ? nah, balpoinnya ketemu guys. Alhamdulillah ya, sesuatu banget. Lanjut kalimat Where is it ? I’m not looking it dan Ou est-il ? je ne regarde pas. Dimana ? kok, aku gak lihat ya ? wah, kawan yang satu ini belum melihat balpoinnya guys. Mari kita bantu, yuk. Kalimat selanjutnya mungkin akan membantu, It’s next to my book, on the table dan Il est à côté de mon livre, sur la table. Betul kan guys, ternyata kalimat ini artinya itu loh di samping bukuku, di atas meja. Selanjutnya kalimat Yes I know. What is this, the right of your book? Dan Oui, je sais. Qu’est-ce que c’est, à droite de ton livre ? artinya ya aku tahu. Terus, apa itu yang di sebelah kanan bukumu ? sang kawan bertanya lagi guys. Dan dijawab It’s my pencil and my eraser dan Ce sont mon crayon et ma gomme. Yang artinya itu adalah pensil dan penghapusku. Begitu guys kira-kira pengalaman kita hari ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali bersama lingua netra.

Lingua's Admin

Bima Kurniawan lahir di Madiun, 18 Desember 1986. Ia adalah seorang pendidik tuna netra. Ia mulai mengeluti pekerjaannya sebagai seorang pendidik Bahasa Prancis sejak Januari 2011 2 Tahun setelah lulus dari Universitas Negeri Jakarta Prodi Pendidikan Bahasa Prancis. Pada tahun itu, ia bergabung menjadi keluarga besar SMA Negeri 68 Jakarta, salah satu sekolah terbaik di Jakarta dan di Indonesia. Karirnya semakin membaik setelah pada tahun 2011, 2012 dan 2013 diberikan kepercayaan untuk mengisi materi pada pelatihan guru bahasa Prancis yang diselenggarakan oleh Persatuan Pengajar Bahasa Prancis Indonesia (PPSI) dan dipercaya pula oleh Pusat Perbukuan BALITBANG Kemdikbud sebagai penelaah buku ajar kurikulum 2013 pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Pada tahun 2012, Bima melanjutkan studi S2 intuk program studi Linguistik Terapan di Universitas Negeri Jakarta dengan focus keahlian kritik penerjemahan. Pada tahun 2014, Bima lulus dengan predikat cum laude dan dinobatkan sebagai lulusan terbaik prodi Linguistik Terapan UNJ angkatan 2012. Pada Tahun 2021, Bima menginisiasi sebuah komunitas Guru Tunanetra Inklusif dan merupakan salah seorang pendiri aktif Ikatan Guru Tunantra Inklusif (IGTI), organisasi profesi guru dengan hambatan penglihatan yang mengabdi di satuan pendidikan umum atau penyelenggaran pendidikan inklusif. Pada tahun, 2022, setelah perangkat organisasi terbentuk, Bima ditetapkan oleh musyawarah perwakilan sebagai ketua dewan kehormatan IGTI. pada tahun yang sama Bima diangkat menjadi dosen linguistik terapan di Universitas Trunojoyo Madura.

Recent Posts

Pendidikan pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila dirancang dalam dua dimensi utama, yakni dimensi teoritis dan dimensi praktis.…

4 minggu ago

Indonesian E-Learning Platform

Mata kuliah bahasa Indonesia menawarkan cara berpikir ilmiah melalui bahasa yang sesuai dengan kaidah baku.…

7 bulan ago

Kepemimpinan inklusif dalam mewujudkan Keberlanjutan kesetaraan dan keadilan: Perspektif Sosial dan hak asasi manusia

Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trnojoyo Madura Dalam periode waktu 40 tahun terakhir, berbagai kajian model…

10 bulan ago

Pendidikan inklusif dalam perspektif Islam

Oleh Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trunojoyo Madura Pendidikan adalah salah satu upaya memanusiakan manusia. Upaya…

1 tahun ago

Seminar kebangsaan Harmoni dala Keberagaman, Lestari dalam Kebhinekaan : Sebuah perspektif pentingnya pendidikan inklusif dalam menggapai Tujuan pembangunan Berkelanjutan

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023, dengan bangga, Komunitas Penggiat Pendidikan Inklusif (KOPPI)…

2 tahun ago

Bhineka untuk kita, dengan kita dan oleh kita

Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trunojoyo Madura Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Guru Tunanetra Inklusif (IGTI) Pada…

2 tahun ago