Categories: language learning

English E-learning platform

Mata kuliah Bahasa Inggris dirancang dalam tiga kategori utama, yaitu Basic Level, Intermediate Level, dan English for Specific Purposes (ESP), dengan penerapan pendekatan reading, listening, dan shadowing. Pada Basic Level, pembelajaran difokuskan pada penguasaan keterampilan bahasa yang paling fundamental melalui 30 thematic podcasts. Setiap podcast menampilkan situasi komunikasi sederhana yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa, seperti How to Introduce Yourself, How to Ask Someone’s Name, Talking about Your Daily Routine, Talking about Time, What Do You Like?, Talking about Our Hobbies, Talking about Family, serta penggunaan bahasa dalam konteks publik, misalnya At a Restaurant, At a Hotel, Transportation, To Go Shopping, At School, dan At Home. Selain itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan topik yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, seperti Talking about Buildings dan Talking about Professions. Dari sisi tata bahasa, materi meliputi penggunaan How to Ask for Someone’s Phone Number, How to Use “Some” and “Any” in Sentences, berbagai tenses (Simple Present Tense, Simple Past Tense, Simple Future Tense, Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, dan Past Continuous Tense), serta struktur perbandingan (Comparative and Superlative). Selain itu, mahasiswa juga dilatih dalam penggunaan Modals of Advice, WH Questions — Ask Me Anything!, serta struktur kepemilikan melalui Whose & Which — Let’s Choose and Belong!. Kategori dasar (basic Level) ini dirancang tidak hanya untuk membekali mahasiswa dengan kosakata dan tata bahasa elementer, tetapi juga untuk menumbuhkan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris pada situasi komunikasi sehari-hari.
Sementara itu, pada Intermediate Level, materi pembelajaran difokuskan pada pengembangan keterampilan bahasa melalui narasi bertema “Storytelling: How I Learn English.” Kategori ini dirancang untuk mengeksplorasi pendekatan reading, listening, dan shadowing dalam bentuk rangkaian cerita yang merefleksikan pengalaman belajar bahasa Inggris. Struktur materi terdiri atas beberapa bab, yakni Chapter 1: My Journey Begins, Chapter 2: How I Learn New Words, Chapter 3: How I Learn Pronunciation, Chapter 4: How I Practice Speaking, dan Chapter 5: My Journey and What I Learned. Melalui kelima bab ini, mahasiswa diajak untuk memahami strategi pembelajaran bahasa yang autentik, baik dalam aspek kosakata, pengucapan, maupun keterampilan berbicara. Selain itu, mahasiswa juga diperkaya dengan sejumlah narasi pendukung yang memberikan perspektif tambahan, antara lain How I Learn to Speak English, How I Checked My English Progress, How I Keep New Words in My Memory, How I Get Better at Listening in English, Finding My Motivation, dan How I Improve My Accent. Dengan mengintegrasikan cerita personal dan reflektif ke dalam proses pembelajaran, kategori ini tidak hanya memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap keterampilan berbahasa, tetapi juga menumbuhkan motivasi intrinsik dalam membangun kebiasaan belajar bahasa Inggris secara berkelanjutan.
Sedangkan pada English for Specific Purposes (ESP), materi pembelajaran diarahkan untuk menghubungkan kemampuan bahasa dengan konteks bidang tertentu, dalam hal ini aspek ekonomi. Pada kategori ini, mahasiswa akan mengeksplorasi narasi berbasis kisah nyata, seperti True Story: Poor Man and Rich Man serta Henry’s Story. Melalui cerita tersebut, mahasiswa dilatih untuk mengamati, mengenali, dan menganalisis berbagai istilah yang berkaitan dengan ekonomi, baik dalam bentuk kosakata maupun ungkapan yang digunakan dalam situasi kontekstual. Ketiga kategori ini iharapkan tidak hanya memperkaya kosakata, dan tips belajar bahasa Inggris yang menyenangkan, tetapi juga memperkenalkan mahasiswa pada English for Economic Purposes, yang diharapkan berguna untuk kebutuhan akademik maupun praktis di lapangan.

Klik di sini untuk Assessmen Diagnostik

Klik di sini untuk presensi

Klik di sini untuk unggah tugas

Klik di sini untuk transkrip cerita Alien at school chapter 1 the new teacher

Klik di sini untuk mID TERM TEST (UTS)

Klik di sini untuk Kontrak Kuliah Prodi Akuntansi

Klik di sini untuk Peta Konsep dan Peta Kerja Mahasiswa Prodi Akuntansi

Klik di sini untuk Panduan Teknis Kerja Mahasiswa Prodi Akuntansi

Klik di sini untuk Rubrik Penilaian dan Tujuan Penugasan Prodi Akuntansi

Klik di sini untuk Format Penugasan Part 1

Klik di sini untuk Format Penugasan part 2

Klik di sini untuk Format Penugasan PART 3

Arsip

Klik di bawah ini :


Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Klik di bawah ini :

Lingua's Admin

Bima Kurniawan lahir di Madiun, 18 Desember 1986. Ia adalah seorang pendidik tuna netra. Ia mulai mengeluti pekerjaannya sebagai seorang pendidik Bahasa Prancis sejak Januari 2011 2 Tahun setelah lulus dari Universitas Negeri Jakarta Prodi Pendidikan Bahasa Prancis. Pada tahun itu, ia bergabung menjadi keluarga besar SMA Negeri 68 Jakarta, salah satu sekolah terbaik di Jakarta dan di Indonesia. Karirnya semakin membaik setelah pada tahun 2011, 2012 dan 2013 diberikan kepercayaan untuk mengisi materi pada pelatihan guru bahasa Prancis yang diselenggarakan oleh Persatuan Pengajar Bahasa Prancis Indonesia (PPSI) dan dipercaya pula oleh Pusat Perbukuan BALITBANG Kemdikbud sebagai penelaah buku ajar kurikulum 2013 pada tahun 2012, 2013 dan 2014. Pada tahun 2012, Bima melanjutkan studi S2 intuk program studi Linguistik Terapan di Universitas Negeri Jakarta dengan focus keahlian kritik penerjemahan. Pada tahun 2014, Bima lulus dengan predikat cum laude dan dinobatkan sebagai lulusan terbaik prodi Linguistik Terapan UNJ angkatan 2012. Pada Tahun 2021, Bima menginisiasi sebuah komunitas Guru Tunanetra Inklusif dan merupakan salah seorang pendiri aktif Ikatan Guru Tunantra Inklusif (IGTI), organisasi profesi guru dengan hambatan penglihatan yang mengabdi di satuan pendidikan umum atau penyelenggaran pendidikan inklusif. Pada tahun, 2022, setelah perangkat organisasi terbentuk, Bima ditetapkan oleh musyawarah perwakilan sebagai ketua dewan kehormatan IGTI. pada tahun yang sama Bima diangkat menjadi dosen linguistik terapan di Universitas Trunojoyo Madura.

Share
Published by
Lingua's Admin

Recent Posts

Pendidikan pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila dirancang dalam dua dimensi utama, yakni dimensi teoritis dan dimensi praktis.…

4 minggu ago

Indonesian E-Learning Platform

Mata kuliah bahasa Indonesia menawarkan cara berpikir ilmiah melalui bahasa yang sesuai dengan kaidah baku.…

7 bulan ago

Kepemimpinan inklusif dalam mewujudkan Keberlanjutan kesetaraan dan keadilan: Perspektif Sosial dan hak asasi manusia

Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trnojoyo Madura Dalam periode waktu 40 tahun terakhir, berbagai kajian model…

9 bulan ago

Pendidikan inklusif dalam perspektif Islam

Oleh Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trunojoyo Madura Pendidikan adalah salah satu upaya memanusiakan manusia. Upaya…

1 tahun ago

Seminar kebangsaan Harmoni dala Keberagaman, Lestari dalam Kebhinekaan : Sebuah perspektif pentingnya pendidikan inklusif dalam menggapai Tujuan pembangunan Berkelanjutan

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023, dengan bangga, Komunitas Penggiat Pendidikan Inklusif (KOPPI)…

2 tahun ago

Bhineka untuk kita, dengan kita dan oleh kita

Bima Kurniawan Akademisi Universitas Trunojoyo Madura Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Guru Tunanetra Inklusif (IGTI) Pada…

2 tahun ago